Blue Fire Pointer
Welcome To ELF’s Blog ^^ PROM15E TO 13ELIVE

Senin, 04 Februari 2013

Wajib Militer Di Korea Selatan

Mungkin Wajib Militer atau (WaMil) terdengar akrab di kalangan para Kpopers, ya karena Wamil adalah salah satu kegiatan wajib pria Korea.
Bagi yang belum tahu apa itu wamil, silahkan baca artikel ini.

Wamil atau Wajib Militer adalah kewajiban bagi warga negara berusia antara 18 - 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara.
Warga wanita biasanya tidk diharuskan wamil, tetapi ada juga negara yang mewajibkannya, seperti di Israel. Korea Selatan adalah salah astu negara yang masih menjalankan wajib militer kepada warhanya yang berjenis kelamin laki-laki 
Tujuan Wamil adalah untuk mempersiapkan para pemuda negara tersebut dengan teknik dasar militer sehingga siap membela negaranya jika sewaktu-waktu terjadi ancaman invansi dari negara lain dan militer kekurangan pasukan. Korsel sendiri gencar menjalan kan program wajib militer ini dikarenakan hubungannya dengan negara tetangganya, Korea Utara yang sampai saat ini masih terasa hambar pasca Perang Korea yang akhirya memisahkan kedua negara itu.
Pria Korea Selatan berumur 20-30  tahun diwajibkan mengikuti progra wajib militer ini selama 2,3 - 2,5 tahun. Stress biasanya akan melanda mereka jika mendapat panggilan untuk wajib militer. 
Namun ada beberapa golongan yang tidak diwajibkan untuk tidak mengikuti wajib militer ini :
  1. Orang cacat
  2. Ilmuan
  3. Orang yang berjasa bagi negaranya. 
  4. Kriminal
  5. Orang yang mengalami cedera fisik
  6. Jika laki-laki itu adalah pencari nafkah utama
  7. Sudah menikan dan tidak memiliki anak laki-lak
  8. Jika ia anak tunggal / hanya anak laki-laki.Hal ini untuk memastikan warisan dari keluarga atau semacam penerus keluarga
Bagaimana,  sekarang sudah tahu kan apa itu Wajib Militer di Korea ^^

cr. Fantastic Korea  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar