Blue Fire Pointer
Welcome To ELF’s Blog ^^ PROM15E TO 13ELIVE

Selasa, 05 Februari 2013

Manfaat Blog Dalam Dunia Pendidikan


Manfaat Blog Dalam Dunia Pendidikan
Kegiatan blogging yang semakin hari semakin mudah untuk dilakukan oleh hampir semua orang sudah seharusnya untuk lebih dimaksimalkan pemanfaatannya untuk mendukung kegiatan baik itu untuk kegiatan yang bersifat corporate maupun individu. Banyak penyedia blog gratisan yang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang bagi usaha yang kita kelola agar usaha tersebut semakin meningkat dan mampu memberikan profite yang lebih baik.
Dunia pendidikan pun harus dengan cerdas memanfaatkan peluang ini. Sebagai sedikit perbandingan, para pelajar akan lebih tertarik untuk ‘membaca’ status teman di facebook/twitter ataupun artikel di suatu situs/blog di internet melalui HP/Netbook daripada harus ‘membaca’ pelajaran melalui buku pelajaran yang sifatnya sudah mulai ketinggalan jaman dan isinya itu – itu saja.
Berangkat dari hal ini, sudah seharusnya bagi para guru/pendidik untuk mulai mengelola sebuah blog. Tujuannya yaitu selain sebagai sumber referensi bagi para siswanya, secara tidak langsung juga bertujuan menjadikan guru untuk semakin kreatif dan semakin maju. Kreatif yang dimaksudkan disini adalah bahwa dalam penulisan suatu postingan, tentu saja seorang guru tidak boleh asal tulis, namun harus didasari dari berbagai sumber referensi yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya. Dengan kata lain, seorang guru harus rajin – rajin mencari dan membaca serta memahami banyak referensi sebagai bahan untuk artikel yang akan ditulisnya.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru sebagai upaya dalam pemanfaatan blog dalam dunia pendidikan, antara lain :
Fresh Artikel
Seorang guru harus dengan rajin untuk memposting artikel di blog yang dikelolanya. Hal ini dilakukan agar siswa – siswanya senantiasa kembali dan kembali lagi mengunjungi blog untuk mencari artikel – artikel baru yang pastinya akan membantu mereka dalam memahami mata pelajaran dengan lebih baik lagi.
Bersahabat Dengan Siswa
Sifat resmi dan baku  yang tersaji dalam kegiatan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas sebisa mungkin untuk dihilangkan ketika seorang guru menuliskan artikel di dalam blognya. Gunakan kata dan kalimat yang mudah dipahami oleh siswa dan tidak terlalu baku agar para siswa merasa enjoy dalam memahami inti tulisan yang diposting. Dengan kata lain bersikaplah bersahabat dengan mereka yang tercermin dalam bahasa tulisan yang mudah untuk dibahami dan tidak terlalu kaku.
Pemaksaan
Pemaksaan disini dalam artian bahwa para siswa harus berkunjung ke blog yang dikelola oleh guru untuk mencari artikel yang relevan dengan tugas yang diberikan oleh guru. Jadi, guru memberikan sebuah tugas yang mana jawabannya ada di dalam blog yang dikelolanya, sehingga dengan demikian, para siswa ‘terpaksa’ harus mengunjungi blog-nya dan mencari artikel yang relevan. Pemaksaan ini tidak lain sebagai suatu cara pembentukan kebiasaan bagi para siswa untuk rajin berkunjung ke blog yang dikelola oleh gurunya.
Aktualisasi Diri
Tulisan yang diposting dalam suatu blog adalah merupakan suatu bentuk aktualisasi diri dari seorang guru. Dari tulisan yang diposting, para pembaca akan dapat mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan serta kompetensi seorang guru terhadap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Terlebih lagi, sebuah tulisan akan senantiasa tersedia dan dapat diakses setiap saat oleh para siswanya, selama domain serta hostingnya senantiasa diperpanjang agar tidak dihapus oleh server, atau mungkin bagi pengguna blog gratisan, harus dijaga agar tulisannya tidak melanggar TOS yang telah ditetapkan yang dapat memungkinkan dihapuskannya akun blog yang dimilikinya.
Komunikasi Dua Arah
Seorang guru harus pandai – pandai memanfaatkan blog yang dikelolanya untuk menjaring feedback/masukan dari para siswanya demi peningkatan proses serta kualitas pembelajaran yang terjadi. Terkadang seorang siswa merasa malu dan sungkan untuk menyampaikan entah itu kesulitannya ataupun kritikannya secara langsung kepada gurunya ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung di dalam kelas meskipun seorang guru memintanya secara langsung.
Melalui blog yang dikelola oleh guru, ajaklah para siswa untuk memberikan masukan serta pendapatnya dengan cara berkomentar di kolom komentar yang tersedia ataupun dengan mengikuti sebuah polling yang disediakan oleh guru dalam suatu tema tertentu. Dengan cara seperti ini, para siswa akan merasa aman dan nyaman dalam memberikan masukannya agar proses serta kualitas pembelajaran dapat meningkat. Seorang guru juga harus dengan bijaksana menerima masukan dari para siswanya dan harus melakukan perbaikan berdasarkan feedback yang diterima.
Pada akhirnya, blog harus dimanfaatkan secara serius dalam dunia pendidikan demi tercapainya pendidikan yang lebih berkualitas dan terciptanya proses pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi para siswa di samping secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas dari guru itu sendiri melalui rajin mencari sumber referensi sebagai penunjang bahan penulisan artikel baru di blog.
Maju terus dunia pendidikan Indonesia. Tulisan ini sebagai bentuk partisipasi Liga Blogger Indonesia pada pekan keempat yang mengambil tema Manfaat Blog Dalam Dunia Pendidikan. #HappyBlogging

cr. http://kebumencybercity.info/manfaat-blog-dalam-dunia-pendidikan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar